cover
Contact Name
Ashadi Cahyadi
Contact Email
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Phone
+6285245805803
Journal Mail Official
olahraga.ikippgriptk@gmail.com
Editorial Address
LPPM IKIP PGRI Pontianak, Gedung Rektorat Lt. 2 Jl. Ampera No.88, Sungai Jawi, Pontianak Kota, Kota Pontianak, Kalimantan Barat - 78116 Telp. (0561) 748219
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Olah Raga
Published by IKIP PGRI Pontianak
ISSN : 20892829     EISSN : 24071528     DOI : http://doi.org/10.31571/jpo.v9i1.1333
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Olah Raga (JPO) is a scientific journal published by LPPM IKIP PGRI Pontianak. This journal aims to accommodate the publication of scientific work for academics, researchers, and practitioners covering educational, performance, and recreational sports. This journal is published twice a year, in June and December. In the end, this Journal can provide a description of the development of science and technology in the field of sports, and with p-ISSN: 2089-2829 and e-ISSN: 2407-1528. (https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/olahraga/about/editorialPolicies#focusAndScope)
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga" : 10 Documents clear
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN SMASH FOREHAND DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI PEMBELAJARAN LEMPAR BOLA ATAS PADA MAHASISWA KELAS A PAGI SEMESTER IV IKIP-PGRI PONTIANAK Ade Rahmat
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.122

Abstract

Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui pembelajaran lempar bola atas  memberikan hasil sebagai berikut: 1) mahasiswa mulai memahami konsep dasar pukulan smash forehand permainan bulutangkis, pemahaman ini dapat dilihat dari cara mahasiswa melakukan dan mempelajari gerakan pukulan smash forehand permainan bulutangkis dengan baik, 2) mahasiswa dapat melakukan tahapan-tahapan pukulan smash forehand bulutangkis dengan baik, 3) motivasi dan percaya diri mahasiswa meningkat pada saat melakukan pukulan smash forehandpermainan bulutangkis. Hasil penelitian ini adanya peningkatan hasil belajar smash  forehand bulutangkis melalui pembelajaran lempar bola atas, peningkatan terjadi disetiap pembelajaran yang dimulai dengan observasi awal, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, mahasiswa telah memahami konsep gerak smashforehandbulutangkis. Pada aspek kognitif, pemahaman mahasiswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran, terlihat dari semangat dan antusias mahasiswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri mahasiswa dalam berinteraksi dengan mahasiswa dan dosen, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama tanggung jawab dan toleransi antar mahasiswa yang mereka tunjukkan. Kata Kunci: Hasil Belajar, Smash Forehand Bulutangkis
HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN DAN DAYA LEDAK OTOT LENGAN DENGAN HASIL SERVICE DALAM TENIS LAPANGAN PADA MAHASISWA PUTRA PENJASKES SEMESTER V IKIP-PGRI PONTIANAK Agus Tri Wibowo
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.123

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimanakah hubungan antara kekuatan otot lengan dan daya ledak otot lengan dengan hasil service dalam tenis lapangan pada mahasiswa putra penjaskes semester V IKIP-PGRI Pontianak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatih dan bentuk penelitian yang digunakan adalah korelasional, yakni mencari hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa putra semester V IKIP-PGRI Pontianak yang berjumlah 204 mahasiswa tersebut diambil sampel  44 mahasiswa. Hasil yang diperoleh berdasarkan teknik dan alat pengumpul data yang digunakan yakni tes dan pengukuran dengan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan rumus T-score, korelasi product moment dan analisis regresi ganda dengan taraf signifikan 5% kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah 1), diperoleh koefisien korelasi rx1y = 0,859, dan dari hasil rhitung dikonsultasi dengan rtabel taraf signifikansi 5% dengan N 44 yaitu 0,297 yang berarti rhitung rtabel dalam tabel interpretasi dapat diartikan Tinggi. 2). diperoleh koefisien korelasi rx1y = 0,895, dan dari hasil rhitung dikonsultasi dengan rtabel taraf signifikansi 5% dengan N 44 yaitu 0,297 yang berarti rhitung rtabel dalam tabel interpretasi dapat diartikan Tinggi. 3). Dari hasil perhitungan korelasi ganda, diperoleh koefisien korelasi r= 0,931, dan dari hasil rhitung dikonsultasi dengan rtabel taraf signifikansi 5% dengan N 44 yaitu 0,297 yang berarti rhitung rtabel. dalam tabel interpretasi dapat diartikan Tinggi. Kata Kunci : Kekuatan Otot Lengan, Daya Ledak Otot Tungkai dan Service Tenis Lapangan
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN KOORDINASI MATA –TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN SHOTHING BOLA BASKET PADA MAHASISWA PENJASKESREK IKIP PGRI PONTIANAK Dwi Hartanto
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan metode pembelajaran massed practice dan metode pembelajaran distributed practice ditinjau dari koordinasi mata-tangan yang dibedakan menjadi dua taraf, yakni koordinasi mata-tangan tinggi dan koordinasi mata-tangan rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan bentuk penelitian eksperimen. Hasil analisis menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh metode pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap peningkatan kemampuan shooting bola basket pada mahasiswa putra ekstrakurikuler Serta terdapat perbedaan pengaruh koordinasi mata tangan tinggi dan koordinasi mata tangan rendah terhadap peningkatan kemampuan shooting bola basket pada mahasiswa. terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan koordinasi mata-tangan terhadap peningkatan peningkatan kemampuan shooting bola basket pada mahasiswa. Kata Kunci: Pembelajaran massed practice dan distributed practice,   kemampuan  shooting bola basket
PERBANDINGAN PENDIDIKAN JASMANI DI INDONESIA DAN BELANDA Henry Maksum
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.125

Abstract

Pendidikan Jasmani dalam sistem pendidikan di Belanda akan membahas sub – sub masalah :a).  Bagaimanakah politik dan ,tujuan pendidikan di Belanda ? ; b). Bagaimanakah Struktur dan jenis pendidikan di Belanda ? ; c).  Bagaimanakah sistem manajemen pendidikan di Belanda ? ; d). Bagaimanakah reformasi dan isu-isu pendidikan di Belanda ? ; e).  Bagaimanakah sistem pendidikan jasmani di Belanda ? ; Sedangkan Pendidikan Jasmani dalam system Pendidikan di Indonesia akan membahas sub – sub masalah : a). Bagaimana pendidikan jasmani dan olahraga pada zaman Penjajahan ? ; b).  Bagaimana pendidikan jasmani dan olahraga pada zaman kemerdekaan (1945 – 1967)? ; c). Bagaimana pendidikan jasmani dan olahraga pada zaman Orde Baru (1968 -1998) ? ; d). Bagaimana pendidikan jasmani dan olahraga di sekolah dari masa-ke masa ? Kata Kunci: Sejarah Kurikulum, Politik, Struktur dan Tipe Pendidikan, sistem menejemen, isu pendidikan
Hubungan Koordinasi Mata-tangan dengan Servis Atas Bola Voli Mahasiswa Putra Penjaskes IKIP-PGRI Pontianak Iskandar Iskandar
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara koordinasi mata-tangan dengan keterampilan servis atas bola voli.Metode yang digunakan adalah metode survey dengan teknik korelasional. Populasi penelitian adalah mahasiswa penjaskes STKIP PGRI Pontianak semester dua. Sampel penelitian 50 orang yang diambil secara acak sederhana. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini menggunakan instrumen (1) koordinasi mata-tangan, (2) Keterampilan dan Servis Atas Bola Voli. Penelitian memberikan hasil sebagai berikut: terdapat hubungan positif yang signifikan antara koordinasi mata-tangan dengan keterampilan servis atas bola voli dengan koefisien korelasi ry2  = 0,473. Implikasi studi ini adalah keterampilan servis atas bola voli pada mahasiswa penjaskes STKIP PGRI Pontianak Kalimantan Barat. Kata kunci: koordinasi mata-tangan,servis atas bolavoli
PENINGKATAN PRESTASI OLAHRAGA NASIONAL SECARA DINI MELALUI PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN PELAJAR (PPLP) DAN PUSAT PEMBINAAN DAN LATIHAN MAHASISWA (PPLM) Ahmad Jamalong
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.127

Abstract

 Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah untuk mengkaji mutu sumber daya manusia (SDM) pada atlet dan pelatih olahraga,  baik yang berada di Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP)  maupun yang berada di Pusat Pembinaan dan Latihan Mahasiswa (PPLM) serta untuk  mengetahui apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan mutu pelatih PPLP dan PPLM.. Hasil yang diharapkan dengan analisis ini 1) Pembinaan prestasi olahraga yang diselenggarakan di PPLP dan PPLM adalah pembinaan yang sangat strategis yang dapat dijadikan sebagai sumber pembinaan  atlet nasional yang dapat berprestasi pada tingkat nasional, regional dan internasional, 2)  Pelatih yang menangani pembinaan atlet PPLP dan atlet PPLM harus memiliki kompetensi dengan sertifikasi yang memenuhi standarisasi dan terakriditasi. 3) Untuk meningkatkan kompetisi  atlet di PPLP dan PPLM diberlakukan  satu regulasi sistem promosi bagi atlet dan pelatih berprestasi dan sebaliknya atlet dan pelatih yang tidak menunjukkan prestasi diberlakukan sistem degredasi agar semakin kompetitif. Kata Kunci: Pembinaan Olahraga Prestasi, Usia Dini, PPLP, PPLM
PENGUKURAN SIKAP SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA Kurnia Tahki
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.128

Abstract

Sikap merupakan aspek yang penting dalam proses pembelajaran. Namun begitu, sampai saat ini belum ada penelitian dan alat ukur untuk menilai sikap secara spesifik untuk siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja. Padahal metode drill yang diterapkan oleh guru atau pelatih dalam ekstrakurikuler tenis meja dapat menimbulkan respon atau sikap tertentu pada siswa, yaitu kemungkinan dari rentangan suka sampai tidak suka. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan alat ukur sikap untuk siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja. Penelitian dilakukan selama bulan Mei 2012 dengan 20 sampel. Sampel adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja di SMP John Paulo School Bekasi Jawa Barat. Instrumen berupa kuesioner yang disusun berdasarkan tiga dimensi sikap dari Azwar (2005) yaitu : dimensi kognitif, dimensi afektif, dan dimensi psikomotor.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 22 soal yang dapat digunakan untuk menilai sikap siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis meja. Validitas instrumen berkisar antara 0,652 sampai 0,840. Sementara reliabilitas instrumen r=0,950. Selain itu, penerapan alat ukur di SMP John Paulo School Bekasi menunjukkan baru 25% dimensi kognitif siswa yang tergolong baik, 30% dimensi afektif siswa yang tergolong baik, dan 40% dimensi konatif siswa yang tergolong baik. Kata Kunci : Sikap, Ekstrakurikuler Tenis Meja
PERBEDAAN KEMAMPUAN BACK ROLLMAHASISWA MELALUI LATIHAN KELENTUKAN TOGOK DANLATIHAN BEBAS PADA OLAHRAGA SENAM LANTAI Mira Fuzita
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui perbedaan kemampuan Back Roll Mahasiswa melalui latihan Kelentukan Togok dan latihan Bebas pada Olahraga Senam Lantai.Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah terdapat perbedaan kemampuan Back Roll  melalui latihan kelentukan togok dan latihan bebas.  Sampel penelitian adalah 40 orang  Mahasiswa semester II Penjaskesrek Jurusan Pendidikan Keolahragaan FIKK dengan teknik  Random Sampling.  Kelompok penelitian dibagi menjadi  dua, yaitu kelompok A yang diberikan perlakuan dengan latihan kelentukan togok dan kelompok B sebagai kelompok latihan bebas.Teknik Statistik yang digunakan untuk menguji Hipotesis adalah Uji t. Uji ini dilakukan setelah selesai melakukan uji Homogenitas data.Pada akhir pengujian hipotesis pertama diperoleh bahwa ternyata th  =  4,40 , hipotesis kedua th = -0,703 dan hipotesis ketiga th  = -5,203 pada taraf  nyata α = 0,05  dan derajat kebebasan  db=n1+n2-2 daerah penerimaan Ho adalah -2,05 sampai dengan 2,05, sehingga th  untuk dua dari ketiga hipotesis berada diluar daerah Ho penerimaan dan hanya satu yang berada di daerah penerimaan  Ho. ini berarti dua dari ketiga hipotesis ini menolak hipotesis nol  (Ho) dan menerima hipotesis kerja (H1 ) yang menyatakan bahwa rata-rata latihan kelentukan togok lebih baik dari rata-rata latihan bebas.Kesimpulan penelitian ini adalah: Terdapat perbedaan kemampuan Back Roll  mahasiswamelalui latihan kelentukan togok dan latihan bebas pada Olahraga Senam Lantai. Kata kunci : Kemampuan Back Roll, Latihan kelentukan Togok, Latihan Bebas
MODEL LATIHAN SHOOTING KE GAWANG PADA MAHASISWA UKM SEPAK BOLA IKIP-PGRI PONTIANAK Rajidin Rajidin
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.132

Abstract

Shooting adalah salah satu ketrampilan individu dalam permainan sepakbola dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan untuk memenangkan pertandingan. Untuk itu peneliti akan mengembangkan model latihan shooting dalam permainan sepakbola yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan oleh pelatih dalam menerapkan model-model latihan yang dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan shooting dalam permainan sepakbola di UKM Sepak Bola IKIP-PGRI Pontianak yang dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam melaksanakan latihan shooting. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan research and development dari Borg dan Gall. Secara garis besar hasil pengembangan model latihan shooting ini terdiri dari 12 model latihan shooting dalam permainan sepakbola. Kata kunci: Model latihan, shooting dalam permainan   sepakbola
PERBEDAAN PENGARUH PERMAINAN PERORANGAN DAN BEREGU TERHADAP PENINGKATAN KESEGARAN JASMANI Whalsen Duli Agus Lauh
Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga
Publisher : IKIP PGRI Pontianak

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31571/jpo.v3i2.131

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1). Pengaruh permainan perorangan terhadap kesegaran jasmani siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Mipitan Jebres Surakarta. (2). Pengaruh permainan beregu terhadap kesegaran jasmani siswa putra kelas IV dan V  SD Negeri Mipitan Jebres Surakarta. (3). Pengaruh yang lebih baik pengaruhnya antara  permainan perorangan dan permainan beregu terhadap peningkatan kesegaran jasmani pada siswa putra kelas IV dan V  SD Negeri Mipitan Jebres Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Subyek penelitian ini adalah semua siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Mipitan Jebres Surakarta  yang berjumlah  30  siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran.. Tes yang digunakan sesuai dengan judul penelitian ini adalah Tes Kesegaran Jasmani yang berhubungan dengan keterampilan.Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1). Ada perbedaan pengaruh permainan perorangan  terhadap peningkatan kesegaran jasmani pada siswa putra kelas IV dan V  SD Negeri Mipitan Jebres Surakarta, dengan thitung = 2,1621  ttabel = 2,14. (2). Ada perbedaan pengaruh permainan beregu terhadap peningkatan kesegaran jasmani pada siswa putra kelas IV dan V  SD Negeri Mipitan Jebres Surakarta, dengan thitung = 3,053341 ttabel = 2,14. (3). Permainan  Beregu lebih baik pengaruhnya terhadap peningkatan kesegaran jasmani pada siswa putra kelas IV dan V SD Negeri Mipitan Jebres Surakarta dibandingkan dengan permainan perorangan, dengan prosentase peningkatannya adalah K2 (Permainan Beregu) sebesar 4,919048% dari pada K1(Permaianan Perorangan)  sebesar 2,289894 %. Kata Kunci : Permainan Perorangan dan Beregu, Kesegaran Jasmani

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 11, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olahraga Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olah Raga Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Olahraga More Issue